Posted on

Bolo Kurowo

BOLO KUROWO. Dalam istilah pewayangan, Bolo Kurowo adalah antek-anteknya buto (monster). Bolo berarti ‘kawan’, Kurowo adalah ‘Kurawa’, tokoh antagonis dalam pewayangan. Maksudnya adalah sekutu dari Kurawa. Tau sendiri lah ya kalau monster itu gimana? yang pasti rakus dan bengis. Nah, tapi bukan soal pewayangan yang hendak saya bahas kali ini. tapi terminologi itu saya pakai dengan teman-teman saya ketika saya SMA untuk menyebut diri kami. Aneh.

Awal mula masuk SMA adalah masa transisi yang sangat tidak menyenangkan. Bukan pada umumnya, tapi pada diriku dan kawan-kawan yang lain. Kenapa? karena sekolah kami adalah boarding school yang artinya kita musti tinggal di asrama. Bayangku, masa itu adalah bahwa saya akan sekolah di sebuah pondok pesantren yang kental akan peraturan agama. Padahal latar belakang sekolah saya sebelumnya tidak ada basis agama yang sangat kuat karena sekolah negeri. Ya hanya pas SD saja saya sekolah di Muhammadiyah. Tetapi bayang-bayangku soal pondok itu ternyata salah. Sekolah saya menganut asrama yang lebih leluasa daripada pondok, tapi juga mengindahkan sisi agama. Nah, karena itulah kenapa saya bilang masa transisi menuju sekolahku itu sangat tidak menyenangkan. Karena saya harus pisah dengan orang tua, dengan teman-teman saya di daerah asalku, dengan teman-teman semasa SMP dulu. Benar-benar awal minggu itu saya pakai untuk galau dan malas-malasan. Kupikir hanya aku yang seperti itu, ternyata setelah beberapa kawan yang kutanya, mereka juga mengalami hal yang serupa. ‘aku pengen balik.. gak betah’ hehe begitulah mungkin kata yang tepat menggambarkan kami waktu itu.

Hubungannya dengan Bolo Kurowo? yak, di SMAku yang dari magelang (daerah asalku) tidak cuma aku sendiri, tetapi ada 8 orang termasuk aku. nah, 5 dari orang-orang ini pada awal masuk membikin komunitas sendiri karena senasib dari magelang. hehe 5 orang ini adalah Aku, Ardi, Akbar, Safik, dan Heru. Kenapa kami menyebut diri kami sebagai bolo kurowo? karena waktu itu, kami makan selalu satu meja dan habis banyak sekali seperti buto. wkwk :p Kita bercanda tawa tiap hari, jalan ke mushola, ke tempat makan, bahkan mau mandi aja bareng. Suatu ketika, kami pernah ingin mandi di WC sekolah biar sepi dan gak ada yang antri banyak. Tetapi karena itu di sekolah, maka tiap sore selalu dikunci. Waduh. Paginya saat kuliah, WC dibuka. Kami mikir, ‘wah, ini mumpung dibuka, kita ganjel aja pintunya’ . Benarlah. Kita ambil lidi waktu itu, kemudian kita masukkan ke tempat kunci, sehingga kunci gak bisa masuk. Dan sorenya, kita ke WC itu. Dan ada satpam yang hendak mengunci. Dia marah-marah ‘siapa yang ngganjel ini? ‘ kita takuuut. hahaha.. yg penting sore itu bisa mandi di situ.wkwk

Banyak sih kalo cuma cerita soal Bolo Kurowo. Tapi kali ini, saya jelaskan satu-satu anggota itu ya. O ya, ini bukan sebuah geng atau apa, tapi memang terbentuk secara natural akibat rasa senasib sepenanggungan. hehe.

1. Ade Candra Hendra S

aku sendiri yaaaa

2. Haedar Ardi Aqsha

Ardi panggilannya. Dia adalah kawan se-SMP dulu. Terkenal akan canda tawanya yang selalu mencairkan suasana. Koplak sekali orangnya. Selalu berontak dengan apa yang tidak ia sukai dan memperjuangkan apa yang ia sukai. Itu karekternya. Keep it easy mungkin menjadi ungkapan yang tepat untuk dia. Futsal, dia jago di posisi striker. Fans berat arsenal dan ST-12 waktu itu -__- . Dia yang selalu ngajak aku buat naik gunung, juga rafting dan bermain ke tempat-tempat asik. sekarang di Sekolah Tinggi Ilmu Statistika Jakarta setelah mengeluarkan diri dengan tidak resmi dari UGM Teknik Mesin.

3. Akbar Juang Saputra

mbuh nek iki. ahahaha.. ora-ora.. ini rumahnya deket sama Ardi. dia jenius di matematika, peringkat 1 se propinsi jawa tengah pas olimpiade sains nasional bidang komputer. mengerjakan 100% soal SNMPTN tu agak rodo, tapi itulah dia. sekarang di STEI Institut Teknologi Bandung. gamer. suka novel dan komik. kalo baca, yaampun cepet banget. -_- tapi sering diece-ece sih hahaha.. kasian

4. Heru Prasetyo

kalem, suka tidur, suka ngemil, kalo makan cepet, suka nge game, suka itung2an.. dialah heru, yang paling sering diece haha.. lha orangnya kayak anemia gituuu, lemes.. dia bagus jadi kiper, sekarang kuliah di Middle East Technology University, Turki..

5. Safik Ardianto

udah pinter basket, jago jadi back, jago fisika, astronomi, ganteng pula.. wis lah lengkap nek safik ki.. sekarang juga di STIS kayak ardi. dia paling semangat nek diajak main, nek diajak balik ke magelang.. orangnya paling rajin wis lah dibanding bolo kurowo lain.. dia mandi 2 kali sehari, belajar selalu tiap hari, catetan rapi sekali.. wah, hisjan rajin banget lah..

udah sih, itu aja 😀

Advertisements

About adecandrahs

sangat suka one piece dan musik rock, khususnya angkatan 70an. termasuk salah satu yang percaya bahwa kebaikan itu momentum, sedangkan kebenaran itu tetap

One response to “Bolo Kurowo

  1. ardi

    dan safik sekarang jadi aktifis rohis 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s